Home » » Seputar Penggunaan Watermark pada hasil karya Fotografy.

Seputar Penggunaan Watermark pada hasil karya Fotografy.


                 13551774231577749440








                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2012/12/11/penggunaan-watermark-pada-foto-dalam-penerapan-fungsi-digital-right-management-515028.html

Perkembangan dalam dunia fotografi yang pesat dan mudah diakses berdampak semakin sulitnya dalam membatasi tindakan copy paste sembarangan terhadap hasil karya seorang fotografer. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem untuk menjaga dan memberi perlindungan agar hanya dapat digunakan untuk kepentingan konsumen atas izin dari fotografer yang bersangkutan, dan agar bisa dipastikan bahwa foto tersimpan dengan aman. Penerapan fungsi Digital Right Managementmerupakan solusi terdekat untuk membatasi tindakan copy paste sembarangan dengan cara memberikan Watermark terhadap foto yang akan di sharing dalam internet.


1. Pendahuluan
Sudah semakin banyaknya seseorang yang sadar bahwa dunia fotografi berkembang sangat pesat, hal tersebut menimbulkan persaingan yang ketat diantara sekian banyak fotografer pemula atau fotografer profesional sekalipun. Di sisi lain, ada segelintir orang yang ingin dikenal sebagai fotografer profesional dengan cepat.
Pada kasus tertentu, segelintir orang yang ingin dikenal sebagai fotografer profesional dengan cepat, tega melakukan tindakan copy paste sembarangan terhadap foto yang ditemukan lewat internet untuk diakui sebagai hasil karyanya sendiri, pelaku cukup menambahkan metadata dalam foto yang telah diambilnya untuk meyakinkan siapapun yang melihat foto tersebut. Tentu saja itu akan sangat merugikan seorang fotografer yang fotonya diakui oleh orang lain secara sembarangan.
Solusi paling tepat untuk mencegah hal ini adalah menambahkan Watermarkterhadap foto yang akan di sharing dalam internet. Foto ini tetap bisa di copy paste oleh siapapun yang mau melakukan hal tersebut, tetapi dalam foto tersebut terdapat suatu gambar atau teks yang sedikit transparan seperti air yang diteteskan pada selembar kertas. Dengan penerapan Watermark tersebut, pelaku tidak bisa menghilangkan Watermark tanpa izin sang fotografer dan tentunya tidak bisa sembarangan mengakui foto tersebut sebagai hasil karyanya sendiri. Watermark itu sendiri bisa digunakan dengan mudah menggunakan aplikasi yang telah tersedia pada komputer.

Tujuan
Tujuan utama yang hendak dicapai adalah mengingatkan akan pentingnya hak cipta pada suatu hasil karya terutama hasil karya berupa foto yang akan di sharing dalam internet dengan menggunakan Watermark untuk mengamankan terjadinya pembajakan.

 Fungsi Utama Watermark
  •  Perlindungan Hak Cipta

Tujuan watermark dalam perlindungan hak cipta adalah merupakan bukti otentik atau bukti nyata atas hak kepemilikan pencipta terhadap suatu hasil karya yang telah di produksinya.

  • 2Fingerprinting

Fungsi watermark pada Fingerprinting mirip fungsinya dengan Serial Number atau S/N. Dengan penerapan fungsi ini, setiap penggunaan atau distribusi pada konten akan dapat diidentifikasi.

  • Proteksi Terhadap Penggandaan

Fungsi watermark dalam perlindungan terhadap penggandaan atau copy protectionmelindungi konten dari duplikasi atau pembajakan hak kepemilikan. Dalam implementasi watermark ini terhadap suatu foto, foto yang telah terdapat watermarkakan sangat sulit terjadi pembajakan hak kepemilikan. Karena, watermark pada foto sangat sulit untuk dihilangkan.
135517728488148390913551774231577749440
 Autentikasi Citra
Watermark berfungsi pada proses autentikasi, sehingga modifikasi baik itu penambahan atau pengurangan dari suatu citra dapat terdeteksi.

3. Cara Membuat Watermark
Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat watermark menggunakan aplikasiAdobe Photoshop. Watermark yang akan digunakan adalah watermark berupa teks.

Langkah 1: Pilih salah satu foto hasil karya anda, kemudian buka menggunakanAdobe Photoshop (gunakan adobe photoshop CS5).

Langkah 2: Lakukan penulisan teks. Tekan tombol T (Horizontal Type Tool) padatoolbar
sebelah kiri, dan kita akan dibawa pada pangaturan huruf (font):
1355176608105295865
Lihat gambar di atas untuk langkah sesuai urutan nomor berikut:
1. Tipe huruf (set the family font), saya menggunakan Arial
2. Font style (set the font style), saya pilih Bold
3. Ukuran huruf (set the font size), saya pilih 48 pt, dan
4. Pilihan warna teks (select text color), saya menggunakan kode warna #bfb2b2, seperti gambar di bawah.
13551766271932381677
Empat pengaturan tersebut dapat dirubah-ubah sesuai dengan ukuran foto dan selera anda.
Langkah 3: Pada posisi tombol “T” masih aktif, tentukan posisi kursor pada bagian foto dimana watermark akan diletakkan dan klik, kemudian ketik kalimat yang diinginkan sebagai watermark. Setelah penulisan selesai klik tombol Move Tool (V) pada toolbar sebelah kiri. Pada kondisi ini teks yang sudah diketik juga dapat dipindah-pindahkan posisinya.
1355176682628748985
Langkah 4: Langkah berikutnya adalah memberi efek pada teks, pilih Layer > Layer Style > Bevel dan Emboss. Pengaturannya seperti pada gambar berikut.
1355176716438207859
Klik OK jika pengaturan sudah sesuai dengan selera anda.
Langkah 5: Kita beralih pada Pallette Layer seperti pada gambar berikut, ganti blending options menjadi Screen dan Opacity 40% (cobalah untuk mengganti-ganti persentase tersebut
sampai Anda mendapatkan hasil yang pas sesuai keinginan).
1355176754359597057
Langkah 6: Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut, File > Save As. Kemudian tentukan di folder mana file akan disimpan (Save in), beri nama file tersebut (File name) dan ganti format sesuai keinginan Anda (JPEG, PNG atau TIFF). Berikut hasilnya.
1355176799835582217
4.     Kesimpulan
Penggunaan watermark pada foto guna menerapkan fungsi DRM diharapkan bisa benar-benar melindungi hak kepemilikan dan diharapkan berhasil menerapkan fungsi copy protection, khususnya pada foto. Demi mengurangi intensitas pembajakan hak kepemilikan, diharapkan sang pembuat karya khususnya fotografer untuk membuat watermark seperti yang sudah dijelaskan.
Share this Shop :

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Informasi Harga & Ketentuan Lainnya silahkan Tinggalkan komen anda dibawah ini atau bisa menghubungi Kami diLine Telpon : 0852-6369-9622 | 081-9083-1338 ,,, Trims

 
Support : Warung Komplit Indonesia | Warung Komplit 2016 | www.google.co.id
Copyright © 2016. Warung Komplit Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Publishing Published by Hairul
Proudly powered by Blogger